space
space overlay
TSM  »  Academic

Education System

 

SISTEM KREDIT SEMESTER

Penyelenggaraan pendidikan di Trisakti School of Management (TSM) dilaksanakan dengan menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS).

  1. Sistem Kredit Semester (SKS) adalah suatu sistem penyelenggaraan pendidikan dimana beban studi mahasiswa, beban kerja tenaga pengajar dan beban penyelenggaraan program pendidikan dinyatakan dalam satuan kredit semester (sks).
  2. Semester adalah satuan waktu kegiatan untuk menyatakan lamanya suatu program pendidikan dalam suatu jenjang pendidikan. Semester yang diselenggarakan adalah semester reguler dan semester sisipan.
    1. Semester reguler adalah penyelenggaraan kuliah yang dilaksanakan dalam waktu 16 kali perkuliahan termasuk kegiatan evaluasi.
    2. Semester sisipan adalah penyelenggaraan kuliah di antara dua semester regular dan dilaksanakan dalam 16 kali pertemuan selama 5 minggu (3 kali pertemuan dalam satu minggu), termasuk evaluasi. Semester sisipan diselenggarakan dengan tujuan untuk membantu mahasiswa agar dapat menyelesaikan studinya tepat waktu.
  3. Satuan kredit semester (sks) adalah satuan yang digunakan untuk menyatakan besarnya beban studi mahasiswa atau besarnya pengakuan atas keberhasilan usaha mahasiswa setiap semester maupun secara kumulatif.
    Satu satuan kredit semester (1 sks)
    1. Untuk mata kuliah, setara dengan:
      50 menit kegiatan tatap muka terjadwal,
      60 menit kegiatan akademik terstruktur, dan
      60 menit kegiatan akademik mandiri.
    2. Untuk laboratorium, setara dengan:
      50 menit kegiatan laboratorium terjadwal,
      60 menit kegiatan akademik terstruktur, dan
      60 menit kegiatan akademik mandiri.
    3. Kegiatan akademik terjadwal adalah tatap muka terjadwal dengan tenaga pengajar.
    4. Kegiatan akademik terstruktur adalah kegiatan atau tugas yang diberikan oleh dosen untuk dikerjakan oleh mahasiswa. Kegiatan ini dapat berupa penyelesaian soal-soal atau kasus, pencarian data untuk kasus tertentu, pendalaman materi/pokok bahasan.
    5. Kegiatan akademik mandiri adalah kegiatan yang dilakukan atas inisiatif para mahasiswa untuk mengetahui dan mendalami bahan yang diberikan dalam perkuliahan, misalnya: mempelajari materi yang dibahas, mencari informasi yang berkaitan dengan topik bahasan, diskusi kelompok, konsultasi dengan dosen.
  4. Kartu rencana studimerupakan rancangan mata kuliah yang akan diambil untuk semester yang akan datang.

 

SISTEM PENILAIAN

Sistem penilaian merupakan proses penilaian yang diadakan secara berkesinambungan selama satu semester untuk seluruh kegiatan selama pembelajaran berlangsung. Proses ini dilakukan melalui:

  1. Ujian Tengah/Akhir Semester (UTS/UAS)
    Yaitu ujian reguler yang dilaksanakan secara terjadwal pada pertengahan/akhir semester. UTS/UAS dilaksanakan secara paralel untuk setiap mata kuliah.
  2. Kegiatan-kegiatan lain, seperti: quiz, tugas individu/kelompok, presentasi, seminar, diskusi dan partisipasi kelas.
    Kegiatan di atas merupakan komponen nilai untuk menentukan nilai akhir mahasiswa.
    • Quiz yaitu evaluasi dalam bentuk ujian kecil yang dilaksanakan oleh dosen selama pelaksanaan perkuliahan. Quiz dilaksanakan dan diatur oleh setiap dosen, minimal 2 kali dalam satu semester.
    • Tugas diberikan dengan tujuan untuk memperdalam pengetahuan mahasiswa tentang materi yang dibahas.
    • Presentasi/seminar/diskusi/partisipasi kelas ditujukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan presentasi mahasiswa.